Globalisasi dan konsekuensi akuntansi
Josua Tarigan, PhD, CMA, CFP, CSRS, CSRA, CIBA, CBV
(Lecturer, Trainer and Consultant)

Globalisasi telah menggeser lingkungan persaingan bisnis yang stabil menjadi lingkungan yang turbulence. Praktek bisnis terbaik sudah masuk “merongrong” ataupun menarik calon pelanggan antar negara. Terlebih dengan adanya Teknologi Informasi (TI) membuat hal ini semakin efektif. Dalam lima tahun terakhir dan kedepan terjadi perubahan yang signifikan dalam dunia TI, sehingga perubahan lingkungan bisnis juga bergerak “eksponensial”, bukan lagi sekedar berubah. Dalam perspektif Igor Ansoff, motif dari perusahaan untuk menjadi pemain global ataupun “go internasional” adalah untuk bertumbuh. Igor Ansoff salah satu tokoh strategi dari Harvard Business School mengungkapkan ada tiga strategi yang dapat dilakukan oleh organisasi untuk bertumbuh, yakni Product Development, Market Development dan Diversification (Perhatikan matriks dibawah ini).

Continue reading

Strategi Bisnis Internasional (Internetisasi)
Ricky Wang, S.E., M.R.E.,Ed.D
(Kepala Program IBM-UK Petra, 2002-2009)

Secara teoritis, strategi bisnis internasional dapat dipahami sebagai penyesuaian bisnis berdasarkan cakupannya. Strategi bisnis di lingkungan lokal pada dasarnya akan memilih antara cost leadership dan customization leadership. Cost leadership mementingkan menghadirkan harga murah kepada pelanggan sedangkan customization leadership mementingkan ketepatan layanan atas kebutuhan individual pelanggan. Di dalam bisnis internasional kedua strategi ini dijalankan di dalam skala yang lebih luas. Bartlett dan Ghosal menyebutnya sebagai global efficiency dan local responsiveness. Strategi global yang pertama menyebutkan bahwa efficiency dapat dilakukan dengan memperhatikan potensi pemasok lain dari berbagai negara dan local responsiveness berarti customization dapat dilakukan dengan memperhatikan budaya (kearifan) lokal termasuk dengan melakukan kolaborasi dengan produsen lokal.

Continue reading

Data Analysis for Customer Loyalty: Optimize your Membership Program

Selasa (30/01/2018) Continuing Education Centre (CEC) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya kembali mengadakan kegiatan Forum Pengusaha Restoran. Kegiatan yang diadakan setiap 3 bulan ini merupakan wadah sekaligus sarana bagi para pemilik bisnis restoran untuk berdiskusi dan saling bertukar pikiran satu sama lain. Topik yang diangkat berbagai macam, tergantung trend dan situasi yang dialami kebanyakan pengusaha restoran di Indonesia, khususnya Surabaya sendiri

Continue reading